Kamis, 28 Agustus 2014

Brownies Pandan Keju

Ibu saya alias mami sangat tidak menyukai kue yang ada coklat atau keju. Walaupun misalnya ada bahan itu di kue, di jamin makannya cuma sedikit. Mami lebih menyukai kue tradisional seperti lemper, nagasari, klepon, yang alhamdulillah saya belum bisa buat, hahahaha. Karena tahu saya penyuka berat brownies, apalagi yang coklat, mami request pengen brownies juga.
 
Saya pun menyanggupinya, dan mami request brownies pandan tapi yang uenak katanya. Hmmmm, tadinya saya mau buat bolu kukus pandan tapi di taruh di loyang brownies. Cuma setelah di pikir lagi, brownies kan padat, sedang bolu lembut, jadi pikiran tadi saya enyahkan, hehehe.
 
Setelah pikir kiri kanan dan bolak balik resep (saya punya banyak resep brownies pandan), kok saya malah kepikiran brownies kukus Ny. Liem ya? Tapi karena brownies Ny. Liem itu brownies coklat, bagaimana kalau di buat brownies pandan? Ok, ayo kita coba, setelah utak atik resep, akhirnya seperti yang di bawah ini.
 

Ternyata setelah jadi, bentuknya cantik dan wangi..... (lap iler, hehehehe). Dan karena bentuknya yang terlalu minimalis, jadi saya oles saja dengan buttercream dan taburi keju parut. Walhasil mami saya ngambek, hahahaha. Jadinya ketika itu brownies di makan, kejunya disisihkan, hehehe. Tapi brownies saya dapat pujian.... seneng banget dengernya. Katanya enak dan ga eneg, terus manisnya pas. Alhamdulillah sekali kalau mami doyan, saya aja doyan, hehehe. Ternyata setelah saya browsing di internet, ada juga yang buat brownies pandan dengan basic brownies kukus Ny. Liem, dan takarannya pun sama dengan takaran 
saya, senangnya..... 

Brownies Pandan

Bahan :
6 butir telur
225 gr gula
Vanili dan garam secukupnya
1/2 sdt TBM
125 gr tepung terigu
25 gr maizena
1 sachet susu bubuk dancow
175 ml minyak
100 gr WCC (White Cooking Chocolate), lelehkan dengan minyak
pasta pandan secukupnya
 

Topping :
Butter cream dan keju parut
 

Cara membuat :
Siapkan kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet, supaya nanti air kukusan tidak menetes ke adonan
Siapkan loyang 30x10x4 olesi minyak dasarnya, lapisi kertas roti dan olesi lagi
Kocok telur, gula, TBM dan garam sehingga mengembang dan kental berjejak
Masukkan ayakan campuran tepung terigu, susu bubuk dan maizena, aduk rata
Masukkan campuran minyak dan WCC, aduk balik sampai rata, pastikan tidak ada sisa minyak yang mengendap di dasar bawah adonan
Tambahkan pasta pandan, aduk rata
Tuang adonan ke loyang, kukus kurang lebih 30 menit. Jangan lupa tes tusuk
Angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang, hidangkan dengan di oles butter cream dan parutan keju
 

Note :
Untuk buttercreamnya, saya cuma mengocok margarin plus susu kental manis dan sedikit gula halus sampai lembut, tingkat kemanisan sih tergantung selera saya, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar