Minggu, 31 Agustus 2014

Rainbow Cake

Ketika deman rainbow cake melanda Indonesia, saya juga terkena demamnya, hehehe. Penasaran saja sih rasanya gimana. Kalau lihat di televisi rasanya kok enak gitu ya. Mulai browsing mencari resepnya di internet. Dari yang saya baca, resep ini punya Martha stewart, dan beliau menggunakan putih telur untuk memanggangnya dan cakenya di panggang. Hmmmm saya sebenarnya suka takut apabila menggunakan cake yang hanya putih telur saja, karena sering gagal, hahaha.

Tapi orang Indonesia memang kreatif, ada yang membuat rainbow cake dengan cara di kukus dan menggunakan kuning telur dan putih telur utuh. Uhuuui resep ini yang saya cari, hehehe karena tingkat kegagalan mungkin sedikit. Apalagi dengan teknik sponge cake untuk membuatnya, sip deh. Saya lihat resep ini di blog mba Nina, katanya resepnya ini punya mba Ani lizzarni dan di modifikasi oleh mba Wanti, waduh panjang ya perjalanannya, hehehe. Karena akhirnya resep ini mendarat di saya.



RAINBOW CAKE KUKUS
sumber : Ani Lizzarni
di modifikasi oleh Wanti


Bahan :
8 telur antero suhu ruang
1 sdm TBM
350 gr gula pasir
280 gr terigu
1/2 sdm vanilla susu (saya pakai vanili bubuk)
300 ml minyak sayur kualitas baik
pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu

Cara membuat :
  • Siapkan kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet, supaya nanti air kukusan tidak menetes ke adonan
  • Kocok telur, gula dan TBM sampai mengembang dan kental berjejak
  • Masukkan ayakan terigu dan vanila, aduk rata dengan spatula
  • Masukkan minyak sedikit demi sedikit, aduk balik sampai rata, pastikan tidak ada sisa minyak yang mengendap di dasar bawah adonan
  • Bagi adonan menjadi 6 sama rata, dan warnai masing masing adonan dengan pewarna makanan
  • Tuang adonan ke loyang dan kukus (saya hanya menggunakan 1 loyang bulat diameter 20cm, jadi setiap adonan yang 1 masak, kemudian di timpa dengan adonan yang lain, begitu seterusnya)
  • Kukus masing masing warna selama 15 menit hingga matang dengan api kecil, untuk adonan terakhir kukus selama 20 menit
  • Dinginkan cake, kemudian hias sesuai selera                                                                     

Cake yang saya buat agak lumayan beremah, tapi not bad lah bagi saya, hehehe. Karena bingung di hias bagaimana, akhirnya atasnya cuma saya kasih whippedcream, kemudian di taburi keju parut dan trimits dan sepotong strawberry nangkring di atasnya. Lumayan cantik kan? ^_^b

Untuk rasanya... gimana ya, ya rasanya seperti sponge cake yang di kukus, jadi biasa aja, hahaha. Mungkin memang menangnya di penampilan ya, karena warna yang mencolok memang membuat mata menjadi lapar untuk menyantapnya. Overall, saya sudah mencoba membuat rainbow cake.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar