Jumat, 08 Agustus 2014

Cupcake dengan fondant

Ada yang tahu fondant? Biasanya cupcake sekarang bentuknya lucu lucu dengan hiasan yang terbuat dari fondant. Rasa fondant yang manis dan bentuknya yang lucu membuat cupcake dengan fondant laris manis di pecinta kuliner. Di bawah ini saya akan kopikan arti dari fondant, perngertian fondant ini saya kopi dari website Bogasari.

"Fondant atau rolled fondant sering disebut dengan platic icing atau kadang disebut juga dengan pasta gula (sugar paste).


 Fondant adalah bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk meng-cover cake dan juga digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen2 pada cake seperti pita, kerutan/renda, bunga juga figurine.


 Fondant dibuat dari campuran gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga rasanya manis. 


 Fondant siap pakai bentuknya seperti play dough/plastic dough atau seperti lilin mainan anak-anak, hanya adonan dasar ini berwarna putih. Saat baru dibeli dalam kemasan plastik biasanya kondisinya agak keras sehingga untuk menggunakannya harus diuleni terlebih dulu sampai lembut.


 Untuk mendapatkan fondant yang warna warni biasanya harus dicampur dengan pewarna makanan, baik yang water base maupun yang oil base dapat dipakai. Tapi yang paling bagus adalah bentuk pewarna yang berupa pasta atau gel (biasanya merk import, dan harganya relatif lebih mahal dibandingkan pewarna merk lokal).


 Menyimpan adonan fondant yang belum terpakai atau sisanya, harus dibungkus plastik yang rapat atau kedap udara hingga saat digunakan. Dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Jangan menyimpannya di kulkas atau freezer. Fondant yang disimpan di kulkas selain mengeras, juga saat dikeluarkan akan berkeringat sehingga strukturnya menjadi rusak."



 Ya, itulah fondant. Jujur saya hanya 3-4x menghias cupcake dengan fondant, karena memang saya tidak mahir untuk membentuk fondant. Jadi jangan heran hasil karya saya berantakan. Di foto memang terlihat bagus, tapi hasilnya ya lumayanlah, tapi ga bagus banget seperti punya teman teman saya yang jago. Oleh karena itu saya paling menolak kalau ada yang minta cake atau cupcake dengan fondant, kecuali hiasan standar seperti bunga, hehehhe

Berikut ini adalah cupcake yang pernah saya buat dengan hiasan fondant, selanjutnya saya tidak pernah buat lagi, hahahaha. Enjoy.....





Saya entah kenapa lebih suka cake atau cupcake dengan hiasan krim atau ganache daripada dengan fondant, tapi ya selera orang berbeda. Tapi dengan pernah membuat hiasan dari fondant, paling tidak saya pernah merasakan "nikmatnya" mengulen dan membentuk fondant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar