Rabu, 27 Agustus 2014

Puding Gula Merah

Puding gula merah, siapa yang tidak kenal dengan puding ini. Puding jadul yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Bahkan di salah satu rumah makan terkenal di Bandung saja, pasti menyediakan puding ini. Bahannya yang mudah dan cara membuat yang tidak susah, membuat puding ini selalu tersedia di snack box, hehehe.

Kali ini saya membuat puding gula merah dengan versi saya. Puding ini saya buat dalam rangka panas terik yang menyinari kota Bandung. Pengennya kan makan yang seger, dingin dan manis. Lirik kulkas, dan di buka eh ada gula merah, ya sudah langsung saja di buat. Pudingnya lembut dan aroma khas gula merahnya membuat puding ini langsung di ambil ibu saya begitu saya keluarkan dari cetakan, hehehe.

Bahan :
1 sachet agar agar bubuk putih
175 gr gula merah, sisir halus
50 ml air
800 ml santan ( saya pakai sunkara 200 ml + air 600 ml)
40 gr gula pasir
1 butir telur kocok lepas
2 helai daun pandan, ikat

Cara membuat :
  • Rebus gula merah dengan air sampai cair, angkat, saring
  • Ambil 2 sendok sayur santan campur dengan kocokan telur, sisihkan
  • Campur agar agar bubuk, air gula merah, sisa santan, gula pasir dan daun pandan, rebus di panci
  • Setelah agak mendidih, dengan teknik pancing masukkan campuran kocokan telur ke dalam rebusan agar. Aduk cepat, rebus hingga mendidih. Usahakan mendidihnya jangan sampai bergolak. Begitu ada gelembung pertama tanda mendidih, matikan api
  • Biarkan uap panasnya hilang, ambil daun pandannya
  • Tuang ke cetakan yang sudah di basahi dengan air matang, biarkan dingin, bekukan
  • Keluarkan dari cetakan dan puding gula merah siap di hidangkan... nyeeeem segerrrr. 

Keponakan saya saja doyan banget, yah walaupun saudaranya ngga. Tidak apa apalah, sekalian nostalgia dengan puding jadul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar